Minggu, 10 April 2016

RUAS ol Brebes Timur-Pemalang

Tinjau Tol Brebes, Jokowi: Pembangunannya Sudah dari 20 Tahun Lalu

Senin, 11/04/2016 
Tinjau Tol Brebes, Jokowi: Pembangunannya Sudah dari 20 Tahun Lalu Foto: Ardan Adhi Chandra
Brebes -Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini meninjau pembangunan proyek Tol Pejagan-Brebes Timur. Jokowi ingin tol ini segera beroperasi karena sudah dibangun sejak 20 tahun lalu.

Jokowi tiba di Pintu Tol Brebes Timur sekitar pukul 9.45 WIB ditemani oleh Ibu Negara, Iriana Jokowi, dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, sudah menanti di lokasi sejak pagi.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam langsung bersalaman dengan para menteri yang berada di lokasi setelah turun dari mobil sedan hitam yang dikawal oleh 4 mobil Paspampres.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu langsung menghampiri peta lokasi proyek yang sudah disediakan di lokasi. Basuki sempat memberikan penjelasan soal proyek tol tersebut kepada Jokowi

Keduanya terlibat percakapan selama beberapa menit sebelum akhirnya Jokowi berjalan memantau kondisi tol tersebut.

"Ini pembangunan sudah 20 tahun, tapi gara-gara pembebasan lahan jadi lama. Kita harus selesaikan," kata Jokowi usai memantau tol yang jadi bagian Trans Jawa itu, Senin (11/4/2016).

SUMBER : http://finance.detik.com/read/2016/04/11/102413/3184574/4/tinjau-tol-brebes-jokowi-pembangunannya-sudah-dari-20-tahun-lalu?f9911013

Tol Brebes Timur-Pemalang Terhambat Pembebasan Lahan

Minggu, 10/04/2016
Tol Brebes Timur-Pemalang Terhambat Pembebasan Lahan Foto: Ardan Adhi Chandra
Brebes -Pembangunan jalan Tol Brebes Timur-Pemalang yang masuk ke dalam seksi III dan IV proyek tol Pejagan-Pemalang masih terhalang masalah lahan. Lahan yang akan digunakan untuk membangun jalan tol masih perlu diupayakan lebih keras lagi untuk pembebasan lahan dari pemukiman penduduk.

"Seksi III dan IV menunggu pembebasan lahan," terang Pimpro PT Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR), Mulya Setiawan saat kunjungan kerja (kunker) Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di ruas Tol Pejagan, Minggu (10/04/2016).

Bertemu di Tol, Basuki dan Rini Update Perkembangan Tol Pejagan-Pemalang

Bertemu di Tol, Basuki dan Rini Update Perkembangan Tol Pejagan-Pemalang Foto: Ardan Adhi Chandra
Pejagan -Menteri Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertemu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di tol Pejagan, Brebes, Jawa Tengah.

Pertemuan tersebut dilakukan bersamaan dengan safari kunjungan kerja Basuki ke Brebes, Jawa Tengah. Pertemuan Basuki dan Rini tersebut tak lain membahas soal perkembangan tol Pejagan-Pemalang yang ditargetkan rampung Mei 2016.

Sebelumnya, Basuki juga sempat mengecek kondisi jalan di pantura di kawasan Patrol, Indramayu, sebelum akhirnya berhenti di tol Pejagan ini.

Basuki tiba di tol Pejagan sekitar pukul 16.30 WIB. Selang sekitar 10 menit kemudian, Rini pun datang di lokasi yang sama. Menggunakan kemeja putih lengan panjang, Rini datang bersama rombongan Kementerian BUMN.



Berdasarkan pantauan detikFinance di lokasi, Minggu (10/4/2016), rombongan Rini datang menggunkaan bus Damri dari arah Pemalang menuju Pejagan, sementara Basuki dari arah sebaliknya.

Setelah keduanya bertemu, Basuki dan Rini tampak berbincang santai. Setelah itu, Basuki pun menanyai salah satu perwakilan dari Waskita Karya yang hadir dalam pertemuan tersebut.



"Ini sejauh mana perkembangannya, kesulitannya apa," tanya Basuki.

Basuki berharap, pengerjaan proyek tol Pejagan-Pemalang ini bisa segera selesai. Diperkirakan, awal Mei ini, tol Pejagan-Pemalang bisa digunakan secara umum. Ada 4 seksi dalam ruas tol Pejagan-Pemalang. Seksi 1 dan 2 dari Pejagan sampai ke Brebes Timur diharapkan bisa dioperasikan Mei 2016. Sementara seksi 3 dan 4 masih dalam proses.



"Harapannya bisa dipakai awal Mei, sekarang sudah bisa, uji coba, tapi tol Pejagan-Pemalang ini dibuka Mei secara umum," kata Basuki.
Pihaknya mengaku, saat ini baru beberapa persen lahan saja yang dapat digunakan untuk pembangunan jalan tol.

"Seksi III dan IV menunggu pembebasan lahan. Di III belum, di IV sudah sebagian. Yang bebas masih di 40% IV saja, yang III nol masih," ujar Mulya.

Kendala yang dihadapi di lapangan oleh pelaksana proyek terhitung cukup berat. Pasalnya, wilayah pembangunan kedua seksi tersebut berada di wilayah pemukiman penduduk yang cukup padat.

"Tentunya kan prosesnya ada pemukiman ya, ini kan masih proses ya," tutur Mulya.

Pihaknya juga berharap agar proyel Tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV dapat berjalan lancar dan sesuai dengan rencana.

Sementara untuk pembangunan jalan tol seksi I dan II Pejagan-Brebes Timur siap dilewati kendaraan awal Mei 2016 mendatang. Pada pembukaan jalan tol tersebut para pengendara akan dibebaskan dari tarif tol selama dua minggu

sumber : http://finance.detik.com/read/2016/04/10/172129/3184253/4/bertemu-di-tol-basuki-dan-rini-update-perkembangan-tol-pejagan-pemalang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar